News

Pembukaan Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat

  3 February 2018       admin

Sebanyak 74 orang peserta mengikuti Pembukaan Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Gelombang 1 Tahun 2018 yang berlangsung selama 1 minggu untuk memperoleh sertifikat kompetensi di bidang Penjaga Perlintasan Sebidang KA, Dasar Pengelasan Bahan, Perawatan Pendingin Ruangan (AC), serta Dasar Pengoperasian Alat Berat. 74 peserta tersebut berasal dari Seputaran Pulau Jawa bagian Timur, diantaranya berasal dari Provinsi Jawa Tengah (29 orang), Jawa Timur (44 orang), serta dari provinsi Jawa Barat (1 orang) (22/1). Direktur API Madiun, Dedy Cahyadi M.T. dalam arahannya mengatakan, Program DPM adalah salah satu Program Unggulan Kementerian Perhubungan perwujudan dari program pemerintah yang tertuang di PP nomor 78 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan daerah Tertinggal dan Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.
Tahun ini Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun Memberikan kesempatan Pendidikan Gratis sebanyak 4220 Peserta. Target peserta adalah Masyarakat yang belum memiliki kompetensi kerja yang berasal dari golongan kurang mampu dan daerah-daerah yang memiliki kesenjangan tinggi. Ada banyak jenis diklat yang dapat diikuti antara lain : Diklat Dasar Pengelasan Bahan, Diklat Penjaga Perlintasan Sebidang, Diklat Perawatan Pendingin Ruangan (AC), Diklat Basic Safety, Diklat Survey dan Pemetaan, Diklat Perrawatan Ballasted Track, Pelatihan Mengemudi Roda 4 dan Pelatihan Dasar pengoperasian Alat Berat.
Para Peserta diharapkan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam mengikuti Kegiatan ini sehingga setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat menerapkan ilmu dan wawasan yang didapat dalam proses ini di dunia kerja. ujar Dedy, sapaan Direktur API Madiun