SPM

PROFIL SPM
Sesuai dengan pasal 10 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM. 43 Tahun 2019 tentang Organsiasi dan Tata Kerja Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Satuan Penjaminan Mutu (SPM) merupakan unsur penjaminan mutu di bidang dokumentasi, pemeliharaan, pengendalian, dan pengembangan sistem penjaminan mutu yang dipimpin oleh seorang Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur. SPM diberi tugas untuk melaksanakan dokumentasi, pemeliharaan, pengendalian, dan pengembangan sistem penjaminan mutu.
Dalam pelaksanaan tugasnya, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM. 24 Tahun 2018 tentang Statuta Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun PASAL 80, SPM menyelenggarakan fungsi:

  1. membantu Direktur dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu;
  2. menyusun program penerapan sistem penjaminan mutu dan sistem standar mutu (Quality Standard System) di bidang pendidikan dan pelatihan perkeretaapian;
  3. mengkoordinir penyusunan dan revisi dokumen manajemen mutu;
  4. melakukan familiarisasi sistem penjaminan mutu yang didokumentasikan di seluruh satuan organisasi
  5. di lingkungan API Madiun;
  6. melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan perwakilan manajemen mutu;
  7. melakukan tugas lain yang berhubungan dengan perbaikan Sistem Penjaminan Mutu dan Sistem
  8. Standar Mutu yang diberikan oleh Direktur;
  9. memandu, memfasilitasi, dan mengkoordinasikan terlaksananya akreditasi Program Studi, Akreditasi
  10. Institusi/Kelembagaan, Akreditasi Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi, dan Kegiatan Sertifikasi Standar Penjaminan Mutu;
  11. melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Layanan
  12. Administrasi Akademik; dan
  13. menyelenggarakan audit internai dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Layanan Administrasi Akademik.