News

UNIT BENGKEL/WORKSHOP AKADEMI PERKERETAAPIAN INDONESIA MADIUN

  25 September 2018       admin workshop

UNIT BENGKEL/WORKSHOP

AKADEMI PERKERETAAPIAN INDONESIA MADIUN

Unit Workhop adalah salah satu Unit Penunjang untuk  penyelenggaraan  kegiatan  Tridharma  Perguruan Tinggi  di  lingkungan  API  Madiun. Unit Workshop mempunyai tugas  melakukan penyiapan,  pengoperasian  dan  pemeliharaan  peralatan bengkel  untuk  kegiatan  akademik,  penelitian  dan pengabdian kepada masyarakat.

Unit Workshop menempati dua gedung Workshop I dan Workshop II di bagian selatan kampus API Madiun. Luas area workshop mencapai enam ribu meter persegi dengan berbagai peralatan pendukung untuk pengukuran, pemeliharan, pengujian, serta berbagai alat perbengkelan di bidang perkeretaapian yang dilengkapi dengan jalur track keliling yang menunjang bagi kegiatan pendidikan, penelitian dan pngabdian masyarakat di kampus API Madiun.

Di bidang akademik, unit workshop memfasilitasi pelaksanaan praktik taruna API Madiun baik dalam pelaksanaan kunjungan, praktik, maupun praktik kerja lapangan, serta peningkatan kompetensi melalui kegiatan kokurikuler pengenalan dan perawatan peralatan di bidang perkeretaapian.

Kegiatan praktek taruna adalah salah satu kegiatan pokok taruna/i API Madiun guna untuk meningkatkan kompetesi di bidang praktek pengoperasian alat peraga sarana dan prasarana perkeretaapian. Praktek juga dilaksanakan dalam rangka mengenal lebih lanjut komponen-komponen sarana perkeretaapian yang ada di Indonesia.

 

Gambar Praktik Pengenalan Peralatan Bogie Load Test

Gambar Praktik Alat Simulasi Pengeraman Kereta

Gambar Praktek Pelaksanaan Pengecoran Beton

Gambar Praktik Pengelasan Bahan

Di bidang penelitian, unit workshop menyediakan berbagai fasilitas bagi dosen dan taruna yang melaksanakan kegiatan penelitian atau karya tugas akhir untuk dapat melaksanakan pengujian atau pengembangan produk sesuai dengan keilmuannya.

Gambar Pembuatan Karya Tugas Akhir Taruna di Workshop

Untuk bidang pengabdian masyarakat, unit workshop memfasilitasi pelaksanaan pelatihan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan teknis masyarakat, terutama yang belum memiliki pekerjaan tetap, untuk menjadi bekal guna mendapatkan pekerjaan yang membutuhkan keahlian teknis tertentu. Pelatihan yang dilaksanakan diantaranya: Pelatihan alat berat (excavator dan forklift), pelatihan pengelasan, pelatihan instalasi listrik, dan pelatihan survey pemetaan.

Gambar Pelatihan Alat Berat

Gambar Pelatihan Pengelasan

Gambar Pelatihan Instalasi Listrik

Unit workshop selalu terbuka untuk kegiatan kunjungan, baik oleh pejabat di lingkungan kementrian perhubungan dan lainya, para stakeholder di bidang perkeretaapian serta pelajar, mahasiswa, dan komunitas pecinta kereta api yang tertarik untuk mengenal lebih dekat Unit Workshop API Madiun.

Gambar Kunjungan Pejabat Ke Unit Workshop

 

Kunjungan dari Siswa MAN Takeran Magetan