Maklumat Pelayanan

MAKLUMAT PELAYANAN

 

“Dengan ini, Kami Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai ketentuan peraturan-perundang-undangan“

 

 

 

Madiun,     Agustus 2019

Direktur

Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun

 

JAMALUDIN, S.SiT,M.T

Pembina (IV/a)

NIP.19751007 199903 1 001

 

 

STANDAR PELAYANAN MINIMAL DI AKADEMI PERKERETAAPIAN INDONESIA

 

No. Jenis Pelayanan Uraian Indikator Tolok Ukur Keterangan
1. Keselamatan
a.       Informasi dan fasilitas keselamatan Informasi ketersediaan dan peralatan penyelamatan darurat dalam bahaya (kebakaran, Kecelakaan atau bencana alam) Kondisi Informasi dan fasilitas keselamatan mudah terlihat dan terjangkau, antara lain:

a.       alat pemadam kebakaran

b.      petunjuk jalur dan prosedur evakuasi

c.       titik kumpul evakuasi

d.      nomor-nomor telepon darurat (emergency call)

b.      Informasi dan fasilitas kesehatan Informasi ketersediaan dan fasilitas kesehatan untuk penanganan keadaan darurat Kondisi Informasi dan fasilitas kesehatan mudah terlihat dan terjangkau, antara lain:

a.       Perlengkapan P3K (Pertolongan Pertamal Pada Kecelakaan)

b.      kursi roda

c.       tandu

 

c.       Lampu penerangan Berfungsi sebagai sumber cahaya di wesel untuk mencegah potensi tindakan kriminal Intensitas cahaya 200 ~ 250 lux

 

 

 

 

2. Keamanan
a.       Fasilitas keamanan

 

Peralatan pencegah tindak kriminal

 

Ketersediaan

 

Tersedia CCTV
b.      Petugas keamanan Orang yang bertugas menjaga ketertiban dan kelancaran civitas akademika API Madiun. Ketersediaan

 

Tersedia petugas berseragam dan mudah terlihat
c.       Informasi gangguan keamanan Informasi yang disampaikan kepada pengguna jasa apabila mendapat gangguan keamanan berupa stiker berisi nomor telepon dan/atau SMS pengaduan ditempel pada tempat yang strategis dan mudah dilihat Ketersediaan

 

Tersedia stiker mudah terlihat dan jelas terbaca

 

d.      Lampu penerangan Berfungsi sebagai sumber cahaya di kantor dan setiap ruangan untuk memberikan rasa aman Intensitas cahaya 200 – 250 lux

 

3. Kenyamanan
a.       Ruang tunggu Ruangan/tempat yang disediakan untuk tamu dan para pejabat yang berkunjung di API Madiun (ruangan tertutup dan/atau ruangan terbuka) Luas dan kondisi

 

–          Untuk 1 (satu) orang minimum 0,6 m2

–          Area bersih 100%, terawat dan tidak berbau

 

·         Ketersediaan disesuaikan sepanjang lahan memungkinkan

·         Dapat disediakan di luar bangunan

 

b.      Ruang rapat Digedung raktorat terdapat beberapa opsi tempat  untuk rapat Luas dan kondisi –          Tersedianya ruang  rapat besar untuk  maksimal 20 orang

–          Tersedianya ruang   rapat kecil untuk 5-10 orang

 

 

 

 

 

c.       Toilet Tersedianya toilet Jumlah dan Kondisi –          Ditiap tiap lantai terdapat toilet

baik direktorat , digedung merah putih ,maupun dikelas

–          Area bersih, terawat dan sirkulasi udara berfungsi baik.

 

·         Ketersediaan disesuaikan sepanjang lahan memungkinkan dan kondisi lingkungan

 

d.      Masjid Fasilitas untuk melakukan ibadah yang terpadu dengan tempat wudhu Jumiah dan Kondisi

 

–          Tempat wudhu Pria sejumlah 20, Wanita sejumlah 5

–          Area bersih 100%, terawat dan tidak berbau

e.       Lampu penerangan Berfungsi sebagai sumber cahaya di setiap ruangan

 

Intensitas cahaya 200 – 250 lux
f.        Fasilitas Pengatur sirkulasi udara di ruang tunggu Fasilitas untuk sirkulasi udara dapat menggunakan AC (Air Condisioner) Suhu Suhu dalam ruangan maksimal 27°C

 

4. Kemudahan
a.      Informasi Pelayanan Informasi yang disampaikan  kepada tamu/pengunjung yang terbaca dan terdengar sekurang kurangnya memuat :

Denah / layout kampus

Lokasi receptionis yang strategis

 

Tempat dan

Kondisi

–          Informasi dalam bentuk visual diletakkan di tempat strategis, mudah terlihat dan jelas terbaca

–                      Informasi dalam bentuk audio harus jelas terdengar dengan intensitas suara 20 dB lebih besar dari kebisingan yang ada.

b.     Badan Layanan Umum Tersedia layanan umum yang mudah dan terjangkau untuk masayarakat dan taruna Tempat dan kondisi –          API Madiun memberikan DIKLAT gratis bagi masyarakat disekitar Madiun dan sekitarnya berlokasi di kampus API Madiun

–          Pun sama halnya untuk  Taruna, API Madiun menyediakan kelas Mandiri untuk Calon Taruna.

c.   Fasilitas   pelayanan Fasilitas yang disediakan untuk memberikan informasi dan layanan Tempat dan

Kondisi

–            Mempunyai tempat dan 1 meja kerja 1 orang yang memiliki kecakapan dalam layanan dan bisa berbicara bahasa inggris

–            Pelayanan help-desk/ front office  dimulai pukul 08.00-16.00

 

 

 

 

 

d.   Tempat parkir Tempat untuk parkir kendaraan baik roda 4 maupun roda 2 Luas dan

Sirkulasi

–          Luas tempat parkir disesuaikan dengan lahan yang tersedia

–          Sirkulasi kendaraan masuk dan keluar parkir lancer

Prioritas bagi pegawai Akademi Perkeretaapian Indonesia

Untuk tamu dan pengujung

 

d.  Area Taman Ruang hijau yang cukup luas disekililing API Madiun Kondisi Terdapat rumah polybag untuk pembibitan tanaman
5 Kesetaraan
a.   Fasilitas bagi difable Fasilitas ini berfungsi untuk mempermudah para pengunjung difable yang meliputi penyandang disabilitas, wanita hamil, orang sakit, dan lansia untuk kegiatan Kondisi

Ketersediaan

Terdapat ramp dengan kemiringan maksimal 10º dengan akses jalan menuju pintu masuk gedung rektorat Lift dan atau escalator harus disediakan untuk gedung dengan jumlah lantainya lebih dari 1 lantai.